Serangkaian Sin Cia 1 : Batu Cave

By 12:42:00 AM

AKHIRNYA setelah beberapa kali tidak jadi mengunjungi tempat ini, liburan perayaan Sin Cia saya gunakan untuk piknik keliling Kuala Lumpur dan Batu Cave dengan cepat melintas di kepala saya. Tempat ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Hindu. Candi tempat peribadatan umat Hindu ini merupakan serangkaian dari beberapa candi yang berlokasi di daerah Gombak yang berjarak sekitar 13 Km dari Kuala Lumpur. Tempat ini terdiri dari tiga candi utama dan beberapa candi kecil lainnya dengan satu candi terbesar yang disebut dengan Candi Gua (Temple Cave). Untuk menuju ke tempat ibadah utama ini, setiap orang harus melewati 272 anak tangga terlebih dahulu. Konon, kalau kita bisa menyelesaikan menaiki anak-anak tangga yang ratusan itu, kita bisa memohon kepada Tuhan permintaan-permintaan di puncak yang KONON akan dikabulkan kelak. Buat kita yang mungkin bukan penganut agama Hindu, bisa juga menaiki anak-anak tangga tersebut sampai atas, jadi tidak hanya terbatas pada umat Hindu saja, dan seandainya di atas ingin juga menyampaikan keinginan, rasanya boleh saja..toh berdoa bisa dilakukan dimana saja kan?

Batu Cave ini biasanya akan sangat penuh pada perayaan besar seperti Thaipusam yang biasa dirayakan oleh umat Hindu yang kebanyakan beretnik India di Malaysia. Tempat ini, seperti juga Makkah, menjadi satu pusat kunjungan wisata rohani bagi penganut agama Hindu dari dalam negeri dan luar negeri Malaysia.

Lihat patung besar yang ada di depan gua? warnanya emas, berdiri gagah, tinggi menjulang ke angkasa. Indah! apalagi kalau kita berkunjung pada malam hari, warna emasnya seolah memancarkan sinar yang bisa membantu pencahayaan malam hari. Ketika difoto pun warnanya jadi semakin mencolok mata. Dari jauh sudah terlihat tangga yang akan menjadi perjalanan panjang menuju gua di atas bukit. Kalau malam, keliatan bagus karena ada cahaya lampu di sepanjang anak tangga. Di sebelah kiri dan kanan juga ada tempat ibadah yang lebih kecil yang cukup dikunjungi banyak orang ketika saya berkunjung ke sana. ada juga beberapa toko souvenir di sekitar candi kecil yang menurut saya agak mengganggu konstruksi per-candian :) but anyway, selagi yang beribadah tidak terganggu then fine lah ya...di depan candi-candi kecil ada juga kios yang menjual aneka makanan khas India. Saya sempat membeli sebungkus muruku, dan rasanya cukup memuaskan.

Kebetulan saya ke Batu Cave dengan membawa kendaraan, tidak tahu pastinya gimana pergi ke tempat ini dengan kendaraan umum. I'll find out and up date for you later.

anyway, selamat piknik!
tempat ini Indah dengan ukiran dan keunikannya.


Informasi lengkap bisa dilihat di sini dan di sini.

*foto koleksi pribadi

You Might Also Like

0 komentar