Choco.Dol: variasi dodol garut dan promosi pariwisata Indonesia

By 7:27:00 AM




Tau Garut kan? Satu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan dodol-nya dan pemandian air panas-nya. Baru-baru ini saya mengunjungi pameran makanan halal MIHAS yang diadakan di Kuala Lumpur tanggal 6 - 9 April. Apa saja yang ada di pameran MIHAS ini? berbagai jenis makanan dan produk olahan dari beberapa negara termasuk Indonesia :)

Di sini saya menemukan produk dari Garut bernama CHOCO DOL, dodol bersalut coklat yang dikemas apik dengan kertas pembungkus yang superb! PICNIC salah satu perusahaan sekaligus merk dagang produk dodol yang cukup dikenal sebagai oleh-oleh dan makanan khas kota Intan, Garut ini. Tapi penampilannya di MIHAS ini cukup menggoda dan membuat saya berdecak kagum. PICNIC memberikan sentuhan lain pada bagian bungkus kemasan dodol dengan meletakkan beberapa foto tempat wisata di kota Garut dan dilengkapi dengan slogan yang bermaksud untuk mempromosikan kebudayaan dan wisata Indonesia di Garut.

Hal pertama yang membuat saya tertarik dan bangga dengan produk CHOCO DOL ini adalah bahwa saya kenal produk PICNIC sudah sejak saya masih kecil dan setelah lebih dari 15 tahun mengenalnya, saya merasakan bahwa produk ini berkembang. Walau tidak signifikan, IMO, tapi saya tetap bangga karena produk dodol yang pada awalnya merupakan makanan "kampung" namun sekarang bisa menjadi satu produk makanan yang eksklusif dari segi kemasan dan penampilan. Sekarang produk ini juga sudah mulai lebih menyesuaikan dengan selera pasar dengan menampilkan dodol bersalut coklat, menarik. Selain dari itu, dodol PICNIC ini sudah Go International lho! GREAT!

Hal kedua yang membuat saya berusaha keras mengacungkan jempol sebanyak-banyaknya adalah bahwa dengan kreativitas pembuatan berbagai jenis dodol dan meningkatkan mutunya, PICNIC sebagai satu perusahaan penjaja makanan tidak lupa bahwa makanan merupakan bagian dari budaya satu daerah, bangsa. Sembari memasarkan dodol-nya yang enak luar biasa, PICNIC juga tidak lupa untuk mempromosikan negeri Intan yang indah :) Kemasan yang dibikin apik diselipkan beberapa foto yang menggambarkan kondisi alam dan budaya Garut dan mempromosikannya sebagai kebudayaan Indonesia. SUPER SUPER GREAT!

Jadi yang belum pernah ke Garut dan belum pernah makan dodol Garut, ayo coba coba coba, Choco Dol ini juga enak ;)

Selama mencoba :)


Informasi tentang Garut bisa dibaca di sini dan informasi wisatanya bisa dilihat di sini.http://www.inexpodesign.com/

You Might Also Like

2 komentar