Cheating

By 11:07:00 AM

Sebulan terakhir ini saya banyak cheating. Dalam satu minggu, bisa 4 kali walaupun gak brutal. Misal, hari ini saya makan cookies. Besoknya saya minum kopi. Besoknya lagi saya makan cake. Hari lainnya saya makan spaghetti. Ya, gitu. Tapi kan banyak. Setidaknya cheating itu sudah melewati batas yang saya kasih. Walaupun asupan lainnya di hari itu masih kaya akan sayuran mentahan, tapi tetep aja kan ada unsur asing yang saya makan. Lalu, di 2 minggu terakhir ini saya tiap hari makan kerupuk dan selalu ada gorengan di menu makanan saya; tempe, tahu, bakwan. Buatan sendiri, tapi tetep aja kadar gorengan yang masuk hampir di setiap waktu makan. Makan protein hewani pun jadi lebih sering, bisa 4 kali seminggu, tentu masih dengan padu padan yang baik. Alarm-alarm kecil mulai berbunyi; agak berlendir di tenggorokan, kadang tenggorokan seret di pagi hari, BAB agak kurang lancar. 

Dulu, gejala-gejala itu gak saya hiraukan, karena sudah di tahap tidak terdengar saking seringnya padu padan makanan dengan super ngaco dan suka sekali makan makanan prosesan walaupun berlabel sehat...Saya kira, selama belum jatuh sakit yaa normal saja, saya sehat. Tapi sekarang, kalau BAB gak sesuai jadwalnya, saya langsung nampar-nampar pipi sambil bertanya "makan apa kamu kemarin, Beb?" :D Saya pasti yang nakal, makan sembarangan. Tapi saya masih bersyukur, awareness saya untuk tetap minum air perasan jeruk nipis dan sarapan buah tidak ditinggal, begitu pula mengusahakan sayuran mentah dalam porsi sebesar mungkin di setiap waktu makna. Kadang, kalaupun waktu makan saya tidak bisa makan sayuran mentah, saya akan "memberi reward" kepada tubuh kemudian. 

Kalau kita mulai ngeh tentang bagimana pentingnya padu padan makanan, pentingnya asupan yang kaya enzim dan zat-zat hidup dan makan dengan olahan yang seminim mungkin, insyaAllah alarm tubuh lebih mudah dikenali. Tidak berani brutal makan sembarangan lagi. Kalau memakan makanan yang terlalu banyak proses dan kandungannya semakin jauh dari alami, buru-buru kasih reward ke tubuh berupa jus sayur atau camilan sayuran mentahan. 

Kemarin saya sudah restock sayuran dan buah di kulkas, cukup untuk 3 hari ke depan. Sekarang gak mau lagi stock sayuran terlalu lama, biar gak terlalu numpuk unsur yang sama dan biar gak bosen juga. Mau kembali ke 70% plant-based dan minimum processed foods supaya lebih sehat dan bugar...

hyuk...

You Might Also Like

0 komentar