Sayonara

By 6:33:00 PM

foto dari sini
Besok, 25 Februari 2014, akan jadi hari bersejarah di perjalanan pendidikan saya. Akan ada momen pergantian Supervisor :') Senin lalu saya diberitahu bahwa Supervisor saya resmi diganti karena beliau akan pensiun bulan Maret ini. Assoc. Prof. Dr. Latiffah Pawanteh, sudah membimbing saya sejak 2008 ketika saya akan merampungkan pendidikan Master. Kebetulan bidang keminatan kami sama, tentang Intercultural Communication, fokusnya pada Intercultural Adaptation on sojourn. Jadi, waktu saya menyodorkan proposal penelitian untuk tesis Master, beliau langsung setuju untuk menjadi Supervisor dan menawarkan pekerjaan sebagai Research Assistant, untuk membantunya mengerjakan riset. What a big opportunity. Beliau juga yang meyakinkan saya untuk melanjutkan Ph.D. Tidak pernah ada di benak saya untuk meneruskan pendidikan setinggi ini, saya tidak pintar. But I am eager to learn. Cuma itu yang saya punya. Dua tahun bekerja dengan beliau, banyak yang saya dapat, banyak sekali, ya terbantu biaya sekolah, dapat banyak ilmu. Beliau ini cukup disegani oleh banyak orang, begitu juga saya. Tapi entah kenapa, saya jatuh cinta dengan apa yang ada di kepala beliau, terlepas dari segala tekanan yang pernah saya terima untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Suatu hari beliau memberikan saya catatan, when I was in the lowest level: "Everyday and in everyway, I am getting better and better", saya masih simpan tulisan itu. Beliau selalu push me to the limit. She always puts high trust on me, that I can be a good scholar. Sejak mengerjakan tesis di bawah bimbingan beliau, saya tidak pernah "disuapi", biasanya beliau hanya memberi clue dan saya dibiarkan "liar" mencari sendiri, berpikir sendiri sampai menabrak sana sini. Begitu cara beliau mendidik saya untuk belajar. I survived, once. I believe that I will survive this time. Five years of studying perhaps not numbers of years to be proud of finishing Ph.D journey, but I can surely will. With or without her supervision. I have learnt a lot on how to be a good scholar. I have gone thru a lot; the ups and downs, and I have cried a lot; for better or worse. I haven't thank you enough, Dr. I do. Have a pleasant retirement, you have inherited tons of knowledge and I will apply and transfer it as much as I can. 

Again, Thank you.

Sincerely, M

You Might Also Like

0 komentar