Mendadak Pangkor bag. 2

By 7:05:00 AM

HARI 1

Full team

Lanjut cerita postingan sebelumnya Mendadak Pangkor bag. 1 tentang transportasi endesbre, bagian ini akan cerita perjalanan pikniknya :) Saya pergi berlima dengan Ricko, Desi, Dyas dan Shella. Seperti diceritakan sebelumnya, piknik ini bener-bener mendadak tapi tetep dengan catatan murah meriah renyah, KRAUK! :)

Lanjut cerita dari Lumut ya :) Sampai Lumut kami ke kantor salah satu agen dan memesan tiket ferry pleus booking hotel di situ. Dari Jetty lanjut ke hotel naik di daerah Teluk Nipah taksi pink :D Istirahat sebentar dan jam 6 sore melunjur ke jalan *macem anak jalanan*. Ternyata kami dapet sunset di daerah menginap, what a bless! Foto-foto sebentar dan makan malam. Satu tempat makan sederhana dengan pemandangan pantai dan sepiring kwetiaw seafood dilengkapi temans. Good!

Tidak sadar sudah hampir jam 10 :D memandangi laut itu rasanya seperti memandangi pacar *lebih!*. Sebelum kembali ke penginapan, kami mengunjungi pasar malam, survei harga souvenir, snorkeling dan beli camilan untuk di hotel. Dan hari pertama diakhiri dengan tawa mengenai golongan darah, nitto :)

HARI 2

Hari kedua dimulai dengan nasi lemak :D diikuti dengan keliling pulau yang seuprit dan snorkeling selama hampir 4 jam. Di sini kita hanya perlu bayar RM 15 untuk satu kali keliling pulau dan drop off di spot snorkeling. Kita bisa snorkeling atau sekedar main di pulau seberang sesukanya, once sudah bosan bisa hubungi si pihak pengantar dan nanti dijemput.

Untuk pemandangan sebetulnya kalah jika dibandingkan dengan Tioman, again! I really love Tioman, even compare to Phuket :D Tapi untuk kabur sebentar dari rutinitas, Pangkor boleh lah dipilih karena murah :D

Ketika keliling pulau, kita ditunjukkan tiga buah batu yang menyerupai kepala buaya, kepala paus dan penyu. Entah itu memang betul-betul serupa atau hanya diimajinasikan menyerupai, entahlah :D tapi itu yang mereka jual. Untuk snorkeling, waktu kami datang itu agak kurang tepat, karena air sedang keruh. Apa yang bisa dilihat? ikan kecil yang tidak terlalu beragam dan karang yang tidak terlalu indah. Sorry to say :) Dari pulau kecil itu tempat coral banyak dilihat ke Teluk Nipah bisa jalan kaki kalau air sedang surut sekitar bulan Desember - Februari. Katanya kalau siang akan terlihat tanah saja. Memang air di daerah itu cenderung dangkal, tapi entah juga ya kalau sedang benar-benar pasang :)

Beres snorkeling, kembali ke penginapan dan sudah menjelang pukul 4 sore. Bebersih dan sedikit chit chat, Ricko dan Desi keluar menyewa mobil. Ketika mobil pesanan datang, yep! here we go another trip ;) Jalan menuju arah Utara menemukan lapangan terbang dan satu dermaga dekat Pan Pacific. Balik arah berjalan menyusuri jalan satu-satunya ke arah Selatan menemukan berbagai pemandangan Pantai Pasir Bogak dan berhenti di Viewpoint untuk beberapa bidikan kamera :)

Mendekati waktunya matahari terbenam, kami kembali ke Teluk Nipah dan memutuskan makan di tempat kemarin kami makan malam karena kwetiawnya enak, banget :D Hari kedua diakhiri dengan tawa :)

HARI 3

Hari ini bangun lebih pagi karena hanya punya waktu sampai jam 12 sebelum check out dan menangkap ferry untuk ke Lumut. Rencana mengejar matahari terbit dan menikmatinya dari Jetty. Dari tempat menginap kami jalan menuju arah utara menyusuri jalan berliku dan menanjak turun ditambah dengan tikungan yang super duper tajam. Kemampuan mobil yang hanya kuat menderu tanpa tenaga itu, ahaha maap lho mobil merah, membuat perjalanan semakin menyenangkan karena slow slow but sure :D semakin ke Utara akan menemukan daerah yang isinya hutan semua, hijau, really a forest. Semakin deg-degan karena jam mendekati pukul 7.15 dan sang surya mulai menampakkan diri pelan-pelan. Akhirnya kami menikmati matahari terbit dari mobil karena untuk samapi ke Jetty masih agak jauh. But it was nice, though :)

Setelah menikmati matahari, kami berbelok ke kanan untuk mengunjungi Buddhist Temple, Foo Ling Kong. Temple ini ada satu great wall mini yang dibangun di belakang temple. Menarik. Ada kolam ikan dan kura-kura. Ada juga satu tempat untuk kita melempar koin dan berdoa, saya dan teman-teman mencoba tapi koinnya tidak masuk ke dalam tempat yang seharusnya :D mungkin karena yang kami lempar itu recehan 5 sen ya :D Atap temple itu berlapis, di setiap sudutnya diberi satu patung yang melambangkan shio ada kelinci, ular, babi dan seterusnya. Sayangnya waktu kami sampai di tempat ini hujan turun lumayan deras, jadi ke temple malah untuk berteduh dan tidak bisa foto-foto lebih banyak, sayang sekali :')

Perjalanan diteruskan ke arah Selatan untuk mengunjungi Dutch Fort yang letaknya tidak jauh dari jetty. Kami kira tempat ini luas, ternyata hanya seuprit :D Bangunan sisa peninggalan Belanda waktu mampir ke Malaysia, ke Perak khususnya. Di tempat yang sama juga ada satu bangunan yang isinya adalah souvenir seperti kipas, topi, gantungan kunci, magnet dan lainnya. Tapi untuk saran saja, jangan beli di sini :D agak mahal, bisa beda RM 2-3 berbanding tempat-tempat biasa.

Selesai mengunjungi Dutch Fort dan mampir di warung makan untuk sarapan murah, satu bungkus nasi lemak hanya RM 1!, kami meneruskan perjalanan menyusuri arah Utara lagi untuk kembali ke penginapan. Masih hujan hingga kami menemukan satu pantai yang cukup indah berbanding yang lainnya di Pulau Pangkor. Pantai Pasir Bogak, nama tempatnya. Kebetulan dari tempat ini kita bisa melihat pulau kecil di seberang, Pangkor Laut Island yang merupakan Private Beach dengan Chalet yang harganya cukup mahal namun cukup menarik karena tempatnya tepat di atas pantai. Hal yang disyukuri dengan adanya guyuran hujan hari itu adalah kami dapet bonus pelangi! :)

Setelah pelangi sembunyi lagi, kami pun meneruskan perjalan dan kembali ke penginapan sekitar jam 10an pagi. Istirahat, packing dan sayonara Pangkor!

Budget untuk perjalanan ini:
  • Kajang-KL-Lumut : RM 30 -- Etika bus (Kajang-Pudu), Arwana bus (KL-Lumut 2-1 seats)
  • Ferry Lumut-Pangkor : RM 10 Return (mulai jam 6 pagi hingga 8 malam, beroperasi setiap setengah jam)
  • Sewa Hotel: RM 270/ 2 malam / Family Room
  • Sewa Mobil: RM 85/ Bensin RM 15
  • Souvenir: Gantungan kunci RM 10/5, magnet RM 6
  • Makan: nasi goreng dkk @RM 3-5
  • Minum: teh o ais dkk @RM 1-3
  • Snorkeling: RM 15 -- keliling pulau dan berhenti di spot snorkeling
  • Keliling dua pulau dan snorkeling: RM 30
Kapan mau ke Pangkor? Selamat piknik ;)