India

By 1:42:00 PM


Well, saya belum berkunjung ke sana TAPI beberapa minggu lalu saya diundang oleh seorang teman beretnik India untuk hadir pada acara pertunangan dan pernikahan kakak perempuannya. Dengan senang hati saya sambut undangan itu. Bukan cuma itu, saya dihadiahi satu set pakaian a la Punjabi berwarna hijau pada hari ulang tahun saya!

Sebetulnya saya diundang untuk dua acara, tunangan dan pernikahan keesokan harinya, tapi saya hanya bisa menghadiri acara pertunangannya saja :( but anyway, that was so great!

Seperti selalu saya bilang dalam tulisan-tulisan sebelumnya, saya sangat suka budaya. Apapun itu. Budaya India salah satu budaya yang unik, sama halnya budaya Cina. Saya suka ornamen-ornamennya, gaya busananya terutama saree, gelang yang menumpuk banyak, tindikan di hidung, unik! Masyarakat India terdiri dari berbagai suku kaum yang menjadikan budaya ini semakin kaya lagi.


Dalam acara pertunangan ini, saya bisa melihat bagaimana proses lamaran berlangsung. Keluarga calon mempelai pria datang dengan rombongan, membawa banyak hantaran yang isinya macam-macam, baju, kue, aksesori, dan saree yang kemudian dikenakan oleh calon mempelai wanita pada saat lamaran itu. Nah di acara ini, sang calon mempelai pria "disembunyiin" untuk acara pernikahan. Begitu keluarga sampai dan menyerahkan seserahan, sang calon mempelai wanita ganti saree deh. Pada acara pertunangan ini, sang calon mendapat saree warna biru sangat indah! dengan manik dan benang emas. Konon harganya mendekati RM 800, wow!


Sementara sang calon mempelai wanita ganti saree, nah keluarga dari kedua calon mempelai menjalankan kegiatan lamaran. Saya tidak seberapa detail dalam melihat, tapi ada bertukar uang ringgit, memberi tanda di dahi dan lengan, memberi makanan secara simbolik. Seru!

Kemudian sang calon mempelai wanita keluar, nah mulailah acara menghormati orang yang dituakan, diberi tanda di dahi dan disiram entah air apa namanya (nanti saya cari tau lagi). Dan selesailah serentetan acara lamaran ini.

Mudah-mudahan kapan-kapan bisa mengunjungi negara asalnya :)
Untuk mengenal budaya India lebih dekat, silahkan coba klik ini..selamat membaca :)

*foto koleksi pribadi

Beberapa bulan kemudian ayah dari mempelai perempuan meninggal dunia, saya begitu terharu mendapat kesempatan untuk ambil foto mereka satu keluarga untuk setidaknya bisa dikenang :)
selamat jalan uncle, semoga bahagia di sana.

You Might Also Like

2 komentar

  1. That was an awesome experience to have u as the official photographer!hehehe

    ReplyDelete
  2. yaya you dropped by!! :)
    you the one who gave the opportunity, thank you :*

    ReplyDelete